Makanan Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Makanan Khas Malang yang Sayang untuk Dilewatkan

Kota Malang, terletak di Jawa Timur, Indonesia, tidak hanya terkenal karena keindahan alam dan iklimnya yang sejuk, tetapi juga karena kekayaan kulinernya. Makanan khas Malang menawarkan berbagai rasa yang unik dan memikat, membuat kota ini menjadi salah satu destinasi kuliner yang wajib dikunjungi. Berikut adalah beberapa Makanan Malang yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bakso Malang

Bakso Malang adalah salah satu makanan yang paling terkenal dari kota ini. Tidak seperti bakso pada umumnya, Bakso Malang disajikan dengan berbagai macam pendamping seperti tahu, siomay, dan gorengan. Kuahnya yang gurih dan baksonya yang kenyal menjadikan makanan ini favorit banyak orang.

2. Rawon Nguling

Rawon adalah sup daging sapi khas Jawa Timur yang berwarna hitam karena penggunaan kluwek. Rawon Nguling, salah satu varian rawon, terkenal di Malang dan menawarkan rasa yang khas dengan perpaduan rempah-rempah yang kaya.

3. Cwie Mie Malang

Cwie Mie adalah salah satu makanan khas Tionghoa-Indonesia yang populer di Malang. Mie ini disajikan dengan irisan daging ayam atau babi dan kuah kaldu yang gurih. Biasanya, Cwie Mie juga disertai dengan pangsit rebus atau goreng.

4. Pecel Malang

Pecel Malang adalah salah satu variasi pecel yang bisa Anda temukan di Jawa Timur. Berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel di Malang disajikan dengan lontong atau nasi dan dilengkapi dengan sambal pecel yang khas.

5. Areh-Areh

Areh-areh adalah makanan tradisional yang mirip dengan lemper. Terbuat dari ketan yang dibungkus dengan daun pisang, makanan ini biasanya berisi suwiran daging ayam atau ikan. Areh-areh merupakan camilan yang lezat dan mengenyangkan.

6. Es Campur Malang

Es campur di Malang memiliki keunikan tersendiri dengan berbagai macam bahan seperti buah-buahan, agar-agar, dan susu kental manis. Es campur ini menjadi penyegar yang sempurna di siang hari yang terik.

7. Soto Ayam Ambengan

Soto Ayam Ambengan, yang berasal dari Surabaya, juga populer di Malang. Soto ini memiliki kuah yang kaya rasa dengan potongan ayam, telur, dan koya (campuran kerupuk dengan bawang putih goreng).

Tips Menikmati Kuliner Malang

  • Jelajahi Warung dan Restoran Lokal: Untuk mendapatkan pengalaman kuliner yang autentik, jangan ragu untuk mencoba makan di warung atau restoran lokal.
  • Coba Ragam Makanan Kaki Lima: Jangan lewatkan juga makanan kaki lima, yang seringkali menawarkan rasa yang tidak kalah lezat.
  • Bawa Obat Pencernaan: Jika Anda tidak terbiasa dengan makanan berbumbu atau pedas, disarankan untuk membawa obat pencernaan.

Kesimpulan

Kuliner Malang menawarkan kekayaan rasa dan keunikan yang menarik untuk dicoba. Dari bakso khas hingga es campur yang menyegarkan, setiap makanan memiliki karakteristiknya sendiri yang akan memanjakan lidah Anda. Jadi, saat berkunjung ke Malang, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi berbagai Makanan Khas Cirebon yang sayang untuk dilewatkan.